Rabu, 22 Agustus 2012

Pesona Lumba - Lumba di Pantai Lovina, Buleleng, Bali

Lumba -lumba di Pantai Lovina, Bali (Sumber : www.pantai.org)

Kawasan wisata di pesisir pantai utara Pulau Bali yang mengandalkan view pantai memang tidak seeksotis Pantai Kuta atau Sanur, namun Lovina memiliki daya tarik pesona yang tidak dimiliki oleh kawasan pantai manapun di Bali, yakni eksotika lumba-lumba liar. Berada di desa Kalibukbuk, jaraknya hanya sekitar 10 km arah barat kota Singaraja.Karena letaknya ini juga makanya kerap disebut juga sebagai kawasan wisata Kalibukbuk.

Daya tarik Lovina ada pada pantai dengan air laut yang tenang , dengan pasir yang berwarna kehitaman, dan karang laut dengan ikan tropisnya. Wisatawan terutama asing sangat suka dengan kawasan ini karena lautnya tenang, sehingga sangat cocok untuk rekreasi air seperti menyelam, berenang, snorkling, memancing, berlayar, mendayung dan sekedar berendam di lepas pantai.

Yang unik di Pantai Lovina, adalah atraksi lumba-lumba liar yang kerap muncul dan bergerak indah di laut tenang Lovina. Untuk bisa melihatnya tidak sembarangan, karena kita mesti datang pagi-pagi , menjelang matahari terbit. Mengapa?? karena lumba-lumba di sini hanya muncul kisaran jam 06.00-08.00 WITA. pada jam itu, puluhan lumba-lumba akan beratraksi secara alami memperlihatkan keajaiban gerakan yang memesona, Ada yang sekedar berenang, ada juga yang melompat-lompat di permukaan air. Biasanya wisatawan  sudah berkumpul di pantai sekitar pukul 05.00 untuk berangkat ke tengah laut , dengan perahu nelayan sudah menunggu di pinggir pantai, siap mengantarkan wisatawan melihat lumba lumba ke tengah laut. Perjalanan ini lalu dimulai  dengan menggunakan perahu nelayan. Perahu akan membawa para wisatawan skurang lebih dua kilometer ke tengah laut, tempat dimana biasanya lumba-lumba terlihat berkelompok.

Selama perjalanan, dengan perahu yang makin menjauhi daratan, memberi wisatawan suguhan pemandangan daratan Lovina bak siluet. Setelah sampai di tengah laut, sang nelayan akan menyusuri ke tempat biasanya lumba-lumba akan muncul. Dan apabila ada sekelompok lumba-lumba yang muncul , sang nelayan akan memberi kode ke perahu lain untuk menambah kecepatan mengejar kelompok lumba-lumba tersebut. Dan tentunya para wisatawan akan dapat merekam sewaktu lumba-lumba tersebut berlompatan di tengah laut, terkadang jika nasib sedang kurang beruntung, tak satu pun lumba-lumba yang muncul ke permukaan. Dikarenakan faktor alamiah seperti pasang surut air laut, arah angin, dan tentu saja keberuntungan wisatawan tersebut. Pengejaran ini akan berlangsung 3 jam, jika sudah terasa mabuk laut , maka bisa balik kembali ke daratan.

Asal Usul Nama Lovina, Cinta Indonesia??
Kawasan Lovina ini juga  ditunjang oleh banyak daya tarik wisata disekitarnya yang mudah dicapai. Daya tarik pariwisata di sekitar Lovina antara lain Air Panas Banjar, Wihara Budaha, Air Terjun Gitgit, dan desa-desa sekitarnya yang sangat ideal untuk mereka yang mencintai alam (ecotourism). Sementara ini Lovina menjadi pusat fasilitas kepariwisataan di Kabupaten Buleleng. Di kawasan ini terdapat berbagai macam akomodasi , baik hotel berbintang, hotel melati, pondok wisata maupun homestay, rumah makan, toko cenderamata, angkutan, money changer, pelayanan informasi kepariwisataan. Sebagai kawasan wisata dan pusat fasilitas pariwisata di Buleleng, Lovina mendapat kunjungan yang terbesar dari wisatawan yang datang ke Buleleng.

Nama Lovina diberikan oleh almarhum Anak Angung Panji Tisna. Konon nama Lovina diambil dari nama hotel kecil di India yaitu "Lafeina" dimana beliau menginap dan menulis buku dengan judul Ni Ketut Widhi (yang kemudian buku ini diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa untuk mengenang almarhum). Ada juga versi lain. Lovina diambil dari adanya dua pohon "Santen" yang ditanam oleh putra beliau yang kemudian tumbuh saling berpelukan. Jadi Lovina berasal dari bahasa latin dengan arti saling mengasihi atau saling menyayangi. Kemudian oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II Buleleng, Drs. I Ketut Ginantra, selama masa jabatannya dari tahun 1988 sampai 1993, Lovina diartikan sebagai singakatan dari "Love" dan "Ina" yang artinya "Cinta Indonesia"




Tidak ada komentar:

Posting Komentar